Joyful Memories ;)

Akhir-akhir ini aku selalu berfokus untuk menata masa depan dan meninggalkan masa lalu. Rasanya masa lalu hanya menjadi sebuah penghalang besar untuk meraih kesuksesan di masa depan, sehingga aku memutuskan untuk meninggalkannya. Padahal tidak semua masa lalu meninggalkan goresan kepedihan dan menjadi sebuah penghalang kesuksesan, ternyata masih banyak kepingan memori akan masa lalu yang menggoreskan lukisan kenangan indah. Menimbulkan tetesan air mata bahagia, bukan hanya tetesan air mata kesedihan. Menghadirkan senyum dan kehangatan ditengah perjuangan menuju masa depan.  

SAHABAT MASA KECIL

   Namanya Anis Khoirunnisa, seorang wanita pintar, cantik dan lugu. Ia adalah sahabatku dari jaman pertama masuk SMP. Seseorang paling tulus dan selalu menerima aku apa adanya. Sabar banget ngadepin aku yang bawel. Dulu waktu tahun pertama pakai seragam putih biru, kita berdua itu masih anak cupu banget, cuma bisa mengagumi dari jauh kakak-kakak kelas yang tampan dan cerdas. Di sekolah kita kemana-mana selalu berdua, kalo jam istirahat suka duduk berdua dibelakang kelas sambil liat kebun cabe dan makan kentang goreng. Kita punya kebiasaan unik, kita suka bikin nama samaran untuk kakak kelas, tujuannya biar kita ga ketauan kalo lagi mengagumi doi, ada si ANA,ONO, OPO, DLL...hahaha Keluguan yang menyenangkan.

JAMAN CUPU DAN CERIA

 Itu foto-foto paling jadul yang aku temukan di folder “Unforgetable Moment” di laptop. Sebenarnya mungkin masih banyak kenangan indah sebelum ini, tetapi tidak sempat diabadikan atau bentuknya belum foto digital. Karena aku ingat ini adalah jaman dimana kalangan seusiaku baru mengenal kamera hp..haha

      Foto-foto ini mengingatkanku  pada jaman penuh keceriaan, kepolosan, begitu unyu dan cupu. Belum mengenal itu yang namanya pacar-pacaran, galau, perselingkuhan. Tahunya cuma belajar, main, belajar, main, sama ikut ekskul dan organisasi.haha Datang sekolah pagi-pagi bebersih kelas biar dapat kelas terbersih. Tiap jam istirahat selalu bermain permainan-permainan konyol, yang kalah mukanya dicoret-coret pake kapur, kita tertawa terbahak-bahak, makan bersama, hingga mengerjakan tugas bersama. Kehidupan yang sederhana namun penuh kebahagiaan.

EKSPLORASI DIRI, GILA-GILAAN DAN PERTEMANAN SEJATI


        Jadi senior itu memang sangat menyenangkan, bebas, berkuasa, beban pikiran dan kesedihan saat itu hanya “LanJut SMA mAnA yAcH? AaacH gaK mAu piCah aMa KaliaaN”.hahaha.. Yaaaaaah ini adalah jaman yang paling berkesan selama sejarah mengenyam pendidikan di bangku sekolah. Masa transisi dari sosok anak-anak menjadi seorang remaja begitu mewarnai hari-hari. Mulai dari mengeksplorasi diri, mengenal fashion, melakukan kegilaan bersama, menjadi anak alay, hingga merasakan pertemanan sejati.

 Kita selalu bergandeng tangan bersama-sama menyanyikan lagu The Cangcuters yang serooong kanaaaaan, serooong kiriiiiiiii lalu sengaja saling mendorong dan menjatuhkan diri bersama-sama. Tiada hari tanpa tertawa terbahak-bahak! Bermain parodi reality show termehek-mehek, main pedang-pedangan pakai sapu lidi, foto-foto bersama menggunakan kostum gila, tiap anak dapat julukan masing-masing untuk dijadikan bahan ledekan, nonton bareng video Toxic didalam kelas, bikin jaket kelas dan masih banyaaak banget kenangan lainnya yang selalu saja ada tetesan air mata bahagia dan tawa setiap kali mengingatnya :’)

GENG MISS GRAGEMBOL


     Geng miss sebutan untuk kita berempat, gadis-gadis yang paling aktraktif diantara satu kelas. Kita bukan kumpulan geng yang suka mem-bully atau mencari kepopuleran. Hanya kumpulan gadis-gadis centil yang memiliki karakter masing-masing. Aku sendiri dapat sebutan Miss.Asbun (Asal Bunyi), yaaah kerena memang pada waktu itu aku hobi sekali yang namanya berbicara dan menyeletuk dikelas. Selalu menjawab pertanyaan guru dengan asal tapi suka benar jawabanya,hahaha. Ada Acha, Miss.Mirror karena dia tidak bisa hidup tanpa cermin, hobi dandan dan memiliki motto hidup “Dandan menjamin hidup”. Pipit, Miss.Bibir  karena memiliki bibir eksotis sampai jadi maskot kelas dan terakhir ada Susi, Miss. Kacamata karena dia selalu memakai kaca mata sampai matanya sipit, eh emang udah sipit juga.

       Inget banget waktu itu lagi jaman-jamannya rambut dibonding, dan rambut kita semua dibonding! Rambut hasil bonding milikku yang paling bagus, panjang, hitam dan halus. Pada bilang kaya rambut yang di iklan sampo..haha Hasil rambut bondingan paling lucu itu punya Susi, rambut aslinya yang ikal, halus, tipis ketika dibonding jadi semakin tipis dan mecuat tajam-tajam. Susi jadi bulan-bulanan dikelas katanya kaya orang habis sakit panas, tapi itu sebatas candaan seru-seruan saja, bukan bully.haha.. Pada waktu itu mall keren anak gaul cuma ada satu, ya cuma satu! Bahkan saat itu MCD pun belum ada satupun yang didirkan, jadi kita kalo nongkrong disitu, di Grage Mall. Sampai dapat julukan GRAGEMBOL dan kegiatan wajibnya yaitu makan, kongkow, photobox, dan selfie di toilet..hahaha Seruuuuuuu!!

SMA MASA CENTIL POPULER YANG MENYENANGKAN

    Banyak orang bilang, masa SMA adalah masa yang paling menyenangkan dan tak terlupakan. Yaaap itu bener banget! Sebelum negara api menyerang dan Voldemort datang mengancurkan perdamaian. Aku sempat merasakan betapa bahagia dan menyenangkan menjadi seorang anak SMA! Jaman dimana aku mulai mengenal dandan, merawat diri, memakai pakaian yang fashionable. Tiap hari gonta-ganti warna softlens, mencoba berbagai macam gaya rambut, di taksir banyak kakak kelas, aktif organisasi, dan tetap berprestasi.hehe

      Inget banget waktu lagi tugas organisasi menggalang dana ke kelas-kelas, dan waktu itu aku masuk ke kelas tiga IPS. Tiba-tiba aja ada kakak kelas yang maju dan foto-fotoin aku.hahaha malu banget berasa artis, muka langsung merah. Teman-teman juga pada asik, kita suka kumpul makan-makan bareng, jalan-jalan bareng naik motor gerombolan, saling bercerita, belajar tari topeng bareng buat pagelaran seni, kemah bareng di kaki gunung cermai, dan masih banyak lagi. Benar-benar saat itu aku menikmati masa remaja yang menyenangkan!








GRADUATION MOMENT


     Momen yang juga tak terlupakan dan meninggalkan kenangan bahagia yaitu momen perpisahan. Ini adalah momen terakhir kita bersama selama tiga tahun. Semua masalah dan kesalahpahaman selama meuntut ilmu disekolah, rasanya luntur begitu saja berubah menjadi harapan dan doa-doa untuk kesuksesan semuanya. Momen dimana kita semua memulai kehidupan baru dan membangun mimpi yang lebih besar.

KISAH MENUJU KEDEWASAAN

     Kuliah diluar kota, berkenalan dengan banyak orang baru dari berbagai daerah yang memiliki karaktenya masing-masing. Aku bahagia memiliki beberapa teman yang sangat aku sayangi. Aku sudah menganggapnya sebagai keluarga baru. Mereka semua telah menghantarkanku ke gerbang kedewasaan.










***

     Memang benar sekali ternyata masa lalu itu tidak selamanya meninggalkan luka kepedihan dan rasa sakit di hati. Masih banyaaak sekali kenangan indah untuk bekal dimasa depan dan diceritakan kepada anak-cucu nanti.hehe Momen-momen membahagiakan diatas itu hanya segelintir dari jutaan momen yang pernah aku alami. Aku menjadi semakin paham dalam menjalani hidup.

       Ya, tak seharusnya kita meninggalkan semua masa lalu begitu saja. Kita hanya perlu menyortir kenangan apa saja yang perlu kita simpan dan kita buang. Aku tidak boleh lagi menganak tirikan masa lalu dengan masa depan. Masing-masing memiliki fungsinya tersendiri. Mungkin masa depan menjanjikan kelangsungan hidup yang jauh lebih baik dari masa lalu, tetapi tanpa masa lalu kita tidak akan pernah mendapatkan pelajar-pelajaran yang kita butuhkan untuk menyongsong masa depan yang lebih baik tersebut. Semua berjalan selaras dan berkesinambungan.

    Aku memang tidak dilahirkan dalam keluarga kaya raya dan sempurna, tapi aku bersyukur dilahirkan dari keluarga dengan cinta yang sempurna. Aku memang belum menjelajahi dunia untuk mendapatkan pengalaman berharga, tapi aku bersyukur diberikan jalan hidup penuh lukisan drama yang memberikan pengalaman begitu berharga. Aku memang tidak memiliki banyak hubungan percintaan, tapi aku beruntung pernah memiliki sebuah hubungan yang banyak memberikan pelajaran hidup dan pengalaman yang memotivasi untuk menjadi pasangan terbaik kedepannya. Aku bahagia, aku bangga menjadi diri sendiri dan aku sangat bersyukur dengan jalan kehidupan seperti ini.

     Terimakasih Tuhan atas segalanya. Terimakasih juga untuk semuanya yang pernah melukiskan kenangan indah dalam hidupku. Semoga kita semua bisa berjumpa lagi di masa depan yang penuh kesuksesan dan kebahagian. Kita bertemu lagi membawa kepingan-kepingan kenangan indah masa lalu untuk diceritakan kembali.

Sukses selalu untuk semuanya... Aku sayang kalian! :) 



Comments

Popular Posts